Rabu, 16 Maret 2011

The convidence secret


Meski pun lingkungan bisa menyebabkan kita mengalami krisis percaya diri, namun sesungguhnya penyebab utamanya itu adalah diri sendiri. Kuncinya ialah bagaimana Kita menyikapi lingkungansekitar. Jika kita “termakan” oleh omongan lingkungan, maka kita akan  merasa rendah diri. Namun jika kita “merdeka” maka apa pun yang dikatakan oleh lingkungan di sekitar kita.  tidak akan pernah mempengaruhi diri kita.

mungkin kita salah, tetapi bukan berarti kita orang yang selalu salah. Kesalahan bisa diperbaiki. Begitu juga dengan kegagalan. mungkin kita pernah gagal, tetapi bukan berarti kita adalah orang gagal. kita hanya pernah gagal. Dan kita tahu, semua orang pernah salah dan semua orang pernah gagal. Termasuk manusia terbaik sepanjang masa, Nabi Muhammad saw. Beliau pernah salah dan pernah gagal. Itu adalah manusiawi. Kenapa harus merasa rendah diri?

Saat ada yang mengatakan bahwa kita  tidak becus, baik itu datang dari diri sendiri maupun dari orang lain, percayalah bahwa itu hanya opini. Kita gagal adalah fakta, tetapi kita  disebut orang yang payah, itu adalah opini. Dan, jangan lupakan dengan satu fakta lagi, bahwa manusia diciptakan dengan potensi yang sama. Allah tidak pernah membeda-bedakan tugas dan perintah kepada manusia, sebab potensi manusia itu sama dahsyatnya.

Cobalah kita renungkan. Apa keberhasilan yang pernah kita raih? Apa kemampuan yang kita miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain. Saya yakin, semua manusia memilikinya.

Bisa saja, kita tidak hebat di satu bidang, tetapi kitra hebat di bidang lain. Begitu juga dengan orang lain. Sebab pada dasarnya semua manusia memiliki tingkat yang sama.

Atau kita pun bisa menciptakan pengalaman hebat yang baru. Pilihlah sebuah tantangan, dan taklukan tantangan tersebut. Percaya diri bisa bangkit setelah kita mampu menaklukan tantangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar